Wednesday, January 26, 2011

TALAM EBI



Meski benernya gue ga terlalu ngefans ama talam ebi, kemaren gue nyoba2 bikin talam ebi. Hasilnya enak juga loh :). Cara bikinnya pun ga terlalu susah.

Dulu nyokap gue paling doyan ama talam ebi. Jadi talam ebi ini gue bikin buat mengingat masa2 gue ama nyokap dulu, pegi ke pasar baru buat beli kue2 basah...Coba waktu nyokap masih ada gue uda ngerti cara bikin talam ebi yah.....

Resepnya gue dapet dari NCC, gue copy-in yah resepnya. Benernya sih gue ada ganti beberapa bahan ama cara nya sedikit gue ganti. Jadi kalo ada yang mo tau resep aslinya ke sini aja yah.

Talam Ebi

Bahan:
200 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka
700 ml santan kental
½ sdt garam
1 lbr daun pandan

Topping:
100 gr ebi (udang kering)
1 btg daon bawang, iris halus
4 bh cabe merah kering, potong serong
3 bh bawang putih, cincang
1.5 sdt gula pasir
100 ml minyak goreng

Cara membuat:

Larutkan tepung beras dan tepung sagu dengan sebagian santan, sisihkan.
Masak sisa santan, gula dan daun pandan hingga mendidih. Setelah mendidih, langsung tuang ke dalam larutan tepung, aduk rata.
Kemudian tuang kedalam mangkuk kecil hingga penuh. Kukus di kukusan yang sudah dipanasi selama 20 menit hingga matang angkat. Lepaskan talam dari mangkoknya. Tata di piring saji.
Buat Topping: rendam ebi hingga mekar, tiriskan, cincang.
Panaskan minyak goreng, tumis cabe merah, bawang putih hingga wangi, masukkan ebi tumis terus hingga matang, masuk irisan daon bawang, aduk sebentar angkat.
Beri taburan ebi diatas kue talam putih. Sajikan.

3 comments:

Leony said...

Gue suka kue talam. Mau talam ebi, talam ubi, I like them.

Cooking Mama said...

Iye le, enak yah, tapi gue lebi doyan talam manis, kayak talam ubi ama talam ijo.....tapi talam ebi juga enak...hahaahah dasar pemakan segala nih gue :)

melonpan said...

mhhh that looks very tasty :-) Yummy

Post a Comment