Sunday, July 25, 2010

Spicy Beef Miso Ramen



Huaaaa.....postingan masakan pertama di bulan pertama nya Cooking Mama dengan tema ramen/noodle/mie, siapa sih yang ga suka mie? Gue sih yakin 99% orang di dunia pada doyan mie *sok yakin amat yak*. Kalo gue yah makanan yang ga perna bikin gue bosen tuh mie ama baso. Biar kata tiap minggu ada menu mie ama baso gue sih lahap2 aje *emang doyan makan :)*. Cuma masalahnya mie itu kan carbs banget yah, jadi gue agak2 menahan diri lah untuk ga makan mie sering2, tar yang ada gue jadi baso bulet lagi .... hueheheh :).

Halah...ini jadi ngelantur kemana2. Yo wes langsung aja dahh....Karena gue ga perna bikin mie sendiri *selama ini beli jadi*, jadi kali ini gue nyoba bikin sendiri ramen/mie nya *btw, ramen ama mie sama kan yehh?*. Gue liat resepnya pertama kali dari sini, abis itu gue jelajah deh, ternyata ini resep ramennya tuh asli loh dari jepang sana, jadi mungkin lebi ke arah mie nya jepang kali yah. Nah pas bikin, gue ganti tepungnya jadi pake 3 macem tepung *nah loh bikin kerjaan amat yak*, dan hasilnyaaa......chewy2 gitu kayak mie karet!! Gue juga ga ngerti kenapa tekstur dan rasanya jadi kayak mie karet, apa karena gue pake whole wheat flour yah? Kalo andaikan cuma pake all-purpose flour (aka tepung protein sedang) apakah teksturnya chewy juga? Nti deh gue coba lagi pake AP flour aja, ato kalo temen2 ada yang uda nyoba infoin dong... :).

Gue pernah baca di satu website yang ngebahas tentang ramen, dibilang dalam pembuatan ramen itu yang jadi kuncinya ada di kuahnya. Jadi seenak apapun mie nya tapi kalo ga didukung dengan kuah yang enak rasanya ga bakalan enak. Nah, karena gue jarang makan ramen2nya jepang jadi gue iseng2 deh nyoba2 utak atik gimana cara bikin kuah ramen yang enak *songong dehhh!*.

Untuk kuah nya ndiri gue pake kaldu dari bonito flakes, konbu (seaweed) ama iga sapi. Dan rasanya enakkkk banget, karena bonito flakes ama konbu nya ini jadi ngasih rasa yang laen dibanding ama kuah mie biasa. Trus, gue pakein cabe bubuk sedikit supaya rasa kuahnya pedes2 gitu, harusnya mah pake chilli oil tapi aye ga punya.

Hasil akhir memuaskan banget untuk ukuran ramen bikinan sendiri, parameternya gue adalah si T *hahahaha ga aci banget yah cuma 1 orang doang yang nyobain*. Dia tadinya ga mau gue bikin ramen, karena kan udara lagi panas bener nih, jadi kalo makan sup2 yang panas2 tuh ga gitu enak. Cuma pas gue siapin dimangkok ini ramen...huehehehe dimakan ampe abis! Trus dia komen, kuahnya enak pake kaldu apa? Gue sih senyum2 aja abis kalo tar gue bilang pake seaweed dia ga mo makan lagi...haahahaha.

Spicy Beef Miso Ramen
Untuk: 4 porsi

Bahan:
500 gr homemade ramen (resep dibawah)
2 buah wortel, iris bentuk korek api
100 gr jagung (Belzy -- pake aja yang jagung frozen)
1 buah uzumaki (japanese fish cake, warnanya putih-pink), iris melintang
Roasted seaweed, secukupnya

Untuk Miso Soup:
1000cc air + 500 cc air
3 lembar konbu (seaweed kering)
1 cup bonito flakes
250 gr iga sapi
150 gr daging sapi, iris tipis2 (ato bisa juga pake daging sukiyaki)
1-1/2 sdt cabe bubuk
1-1/2 sdm miso putih (dalam bentuk paste)
Fish sauce atau garam secukupnya

Cara:
1. Di mangkok saji, tata ramen yang sudah di rebus, beri wortel dan jagung. Sisihkan.
2. Rebus iga sapi, konbu dan bonito flakes dengan 1000 cc air hingga daging iga sapi empuk. Atau, bisa juga masak dengan pressure cooker, masak kira2 20-30 menit. Lalu, saring kuah dari iga sapi, konbu dan bonito flakes. Didihkan kuah kaldu dengan api besar, tambahkan 500 cc air. Masukkan miso putih, cabe bubuk dan fish sauce, aduk hingga rata. Setelah mendidih, masukkan daging sukiyaki, masak hingga daging matang.
3. Ambil mangkok saji yang sudah terisi ramen, siram dengan kuahnya. Beri irisan uzumaki, lalu taburi dengan roasted seaweed. Sajikan segera.



Homemade Ramen

Bahan:
1-1/2 cups tepung protein tinggi (bread flour)
3/4 cup tepung protein rendah (cake flour)
3/4 cup tepung gandum (whole wheat flour)
4 sdm air
4 butir telur
1 sdt garam

Cara:
1. Dengan tangan:
Di mangkok besar, campur semua bahan kering, aduk rata. Buat lubang ditengahnya. Lalu, masukkan telur dan air ke dalam lubang, uleni sedikit2 dengan mengkikis tepung di sekeliling lubang. Setelah semua bahan tercampur, pindahkan adonan ke mangkuk/talenan bersih yang sudah ditaburi terigu, uleni hingga kalis.

Dengan standing mixer:
Di mangkok mixer, campur semua bahan kering, aduk rata. Buat lubang di tengahnya. Lalu, masukkan telur dan air ke dalam lubang. Gunakan hook attachment, kemudian mixer dengan kecepatan level 2 hingga kalis.

2. Bungkus adonan mie dengan serbet hingga rapat, istirahatkan selama 30 menit.
3. Bagi adonan jadi 4 bagian, lalu pindahkan 1 bagian adonan mie ke atas talenan yang sudah ditaburi tepung, juga adonan mie nya harus ditaburi tepung sebelum adonan di giling. Kemudian, giling adonan mie hingga tipis (harus benar2 tipis karena pada saat direbus mie akan mengembang, jadi kalo gilingnya ga tipis, mie nya bakal tebel2 setelah di rebus). Taburi adonan mie dengan terigu yang banyak, supaya ga lengket.
Lipat jadi 3 bagian, lalu potong mie kurleb 1mm.
Ulangi langkah2 di atas sampai adonan mie habis.
4. Didihkan air di kuali besar hingga benar2 mendidih. Tambahkan garam/olive oil. Lalu masukan mie yang sudah dipotong2 tadi. Rebus hingga mie matang. Siap saji.

8 comments:

Maria Henny said...

duhhh Bel.. rajin banget salutt gue *jempol diangkat* hehehehe.. Tp ramen u sedappp dan bergizi dahhh pasti nya gue jd ngiler pengen makan padahal pas liat postingan u gue baru habis lunch ^^

kartika said...

waduh mienya homemade? ikutan angkat jempol kyk Henny...klo lebih ditaruh dikulkas or freezer? eh ga mgk dibekuin yaa...

美鈴 &彩香 said...

busetttttt...
mienya mpe bikin sendirii??? salutttttttt
mantepp abis dah pastinyaa

Belzy said...

@Henny: hueheheh...iya hen, ini mah kerjaan orang yang ga punya kerjaan. Tadinya juga gue ga kepikir mo bikin ramennya ndiri, cuma pas kebetulan ngliat resep ramen yang simple, jadi napsu bikin dah :)

Belzy said...

@KD: hooh tik, homemade mie nya. Oh kalo lebih taro di kulkas biasa aja, jangan di bekuin. Sbenernya sih lebi enak bikinnya pas tik, kalo uda di masukin kulkas agak kurang enak mie nya, ga se-fresh pas baru jadi. Gue bingung itu mie2 yang di jual kok bisa yah ampe berhari2 tapi tetep enak.

Belzy said...

@Sylvia: hahahaha iya sil....Yah sil kayak ga tau aje gue kan pengacara nih, pengangguran banyak acara...hueheheh :). thank you sil :).

kartika said...

pake air abu kali?? ga ngerti jg sih air abu tuh ngaruh kemana...dari abu apaan jg ga tau

debby tondo said...

Bel, niat banget sampe bikin ramen sendiri...mantabb :)

Post a Comment