Friday, July 23, 2010

Mie Goreng Tek-Tek

Waktu sibuk-sibuk pindahan rumah , mama sempet pesen utk melakukan beberapa ritual di rumah baru. Salah satunya adalah begitu sampe rumah baru si nyonya rumah harus masak mie goreng. Maksudnya adalah 'doa & harapan' supaya di rumah baru para penghuninya panjang umur, panjang rejeki , dan panjang bahagia.

Nah berhubung si nyonyah kelimpungan bebenah , jadi pengen masak mie goreng-nya yg simple aje.. bikinnya gampang banget, anti gagal deh pokonya.. tapi rasanya ga simple lhooo, enak deh ! .. boleh saingan ga bakal kalah sama abang-abang mie goreng tek-tek yg lewat depan rumah hahaha.

Pas banget sama tema bulan ini. Voila!
















MIE GORENG AYAM ala abang tek-tek

Bahan :
1 bungkus mie telor kering, rebus setengah matang (tidak terlalu empuk) lalu angkat dari atas api tiriskan beri kecap manis sesuai selera , aduk rata.
2 butir telur
5 pcs bakso sapi , masing-masing dipotong menjadi 4 bagian
100 gram dada ayam , dipotong kotak-kotak
2 pcs bawang merah , dirajang
1 pcs bawang putih , dirajang
1 sdm minyak goreng
caisim sesuai selera
kol sesuai selera , dipotong panjang-panjang
garam secukupnya
bubuk lada putih secukupnya
gula pasir sedikit sebagai pengganti bumbu penyedap
3-5 tetes kecap ikan
kecap manis sesuai selera
bawang goreng utk taburan

Cara memasak :
  • Panaskan minyak goreng sedikit. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Lalu masukkan sayur-sayuran, masak sampai sayur empuk. Angkat dari api, sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng, masukkan telur diorak-arik. Pinggirkan, lalu masukkan daging ayam dan bakso.
  • Setelah daging masak, masukkan tumisan sayuran. Beri sedikit kecap manis, lada, dan garam. Aduk rata.
  • Masukkan mie rebus, aduk dengan tumisan daging dan sayur. Beri garam, gula, kecap manis sesuai selera.
  • Angkat , taburi bawang goreng, lalu hidangkan.

Tips :
Supaya mie tidak bergumpal : setelah direbus, siram dengan air dgn suhu ruang lalu beri minyak sedikit saja. Aduk rata.
Pisahkan memasak sayur dan daging supaya aroma mie goreng tidak bau sayur.

Silakan mencoba! :)

6 comments:

Belzy said...

duh mon, dari fotonya bener2 kayak mie tek2 abang2 itu.....slurppp...mana malem2 gini lagi gue ngliatnya...jadi laperrr..... emang ye mie itu paling ga ngebosenin loh...apalagi makannya pake cabe yang banyak...yummmmm...

pinkbuble said...

Yup-yup..makan pake cabe en kerupuk! Top banget deh..

kartika said...

haloo...lam kenal ya..

.. shinin' m0nch .. said...

@Belzy & Pink : hihi iya iya betul .. masaknya gampang modalnya dikit gizinya lumayan dan rasanya "Endonesiah banget". Eh iya jadi lupa nulis enaknya disajikan bareng acar ketimun dan cabe rawit.. nyuuuuumm... :)

@Kartika : Helloww Kartika! Salam kenal juga :)

Maria Henny said...

bener.. enak tuh mie tek2 u Mon, hehehe.. apalagi dimakan pas panas2, tambah suedappp... sippp dahh

美鈴 &彩香 said...

yummmmmmyyyyyyyyy
jadi ngilerrr
oya selamat menempati rumah baru yak
kpn donk kita ditraktir makan mie gorengnyaa?

Post a Comment