Thursday, July 29, 2010

Yakibuta Ramen (Japanese noodle with roast pork)

Cooking game kali ini diubah aturannya jadi sebulan sekali saja, Belinda, new moderator yg bikin list member utk nentuin tema masakan. Spt bln ini, Elrica nentuin temanya noodle. Wkt dia blg mau bikin ramen, jd ikutan ngiler gua :D.
Nah ini dia hasil brosing ramen dari youtube, agak ribet sih, tp ok lah rasanya...sebenarnya gua suka miso ramen, kapan2 mau coba bikin juga, mumpung lagi winter.

Photobucket

Ingredients:

- Yakibuta (Roast pork) -
500 gr Pork belly
1 batang daun bawang
2 cm jahe, geprak
4 tbsp soy sauce
2 tbsp sake
1 tbsp brown Sugar

- Seasoned Soft-Boiled Eggs -
2 Eggs
1 tbsp soy sauce
1 tbsp sake
1 tbsp mirin

- Dashi Stock -
1200 ml air
10g dried sardines, gua pake ikan bilis saja :D
10x5cm dried kombu kelp (4x2 inch)

- Toppings -
daun bawang
bayam(spinach)
narutomaki
Menma, ga pake krn ga ada
nori

noodles
2 tsp chicken stock powder

How to:

Di wajan teflon, masak pork belly tanpa minyak. Bolak balik hingga seluruh sisinya kecoklatan. Buang minyaknya. Pindahkan ke panci medium, tambahkan jahe, daun bawang, dan air secukupnya hingga menutupi pork belly. Taruh mangkok diatasnya (spt gbr diatas). Stlh mendidih, kecilkan api. Masak selama 2 jam, atau sampe daging empuk. Stlh matang, angkat daging, buang jahe n daun bawangnya. Sisihkan kaldu hingga dingin.

Photobucket

Rebus telur, sambil diaduk pelan hingga mendidih. Masak selama 5 menit. Angkat telur, pindahkan ke air es, kupas kulitnya.
Utk marinade telur, campur jadi satu soy sauce, sake , mirin. Rendam telur minimal 2 jam, atau semaleman dlm kulkas

Nah 2 step di atas gua kerjain sehari sblm kejadian hahaha...biar ga repot2 amat gitcuuu...

Rendam ikan bilis dan kelp dlm 1200 ml air selama 2 jam. Didihkan, angkat kelp wkt air hampir mendidih. Diamkan 5 menit, angkat ikan.

Sementara itu, buang lemak2 yg ada di kaldu. Ukur kaldu menjadi 300 ml. Panaskan kembali kaldu, tambahkan soy sauce, sake dan brown sugar. Masukkan pork belly, biarkan hingga angat. Matikan api. Biarkan daging di situ biar menyerap. Stlh agak dingin, potong2. Nah kalo gua motongnya agak susah nih, krn dagingnya kan uda empuk tuh, letoy sono letoy sini hahhaa...bentuknya uda ga karuan. Lanjutt...abis dipotong dipanggang bentar aja, or ditoast jg ok.

Rebus mienya, taruh di mangkok, tuang 1 sendok sayur kaldu pork belly, 1 tsp chicken stock powder, dan dashi stock. Cobain rasanya kurang apa. Tambahkan narutomaki, spinach, telur dan daun bawang and nori.

Photobucket

Photobucket

6 comments:

debby tondo said...

oh, telur rebusnya pake bumbu juga ya? gue pikir cuma direbus biasa aja Tik *nyam2*

kartika said...

ga usa dipakein bumbu jg gapapa...ga ngaruh ke rasanya deb

Maria Henny said...

mantapp banget Kar, pake kaldu pork tambah enak ya, berasa enak pastinya..
ohh pake brown sugar, rasanya gimana Kar, manis atau bagaimana?

pinkbuble said...

Yummy tik!
Dan hari ini tanggal 30..gw masi juga belom ganti gas!

Will working on it!! ^^

kartika said...

Henny: enak kok..tp pas dicampur ke mienya, rasanya agak plain. Mgk lain kali musti lebihan dikit gulanya..

elrica: baru aja nih sore bikin lagi ramen ini krn msh ada sisa kaldu...ga tanggung2 makannya ama sambel belibis!!
ayo ric bikin, msh ada waktu...

Annette Hoc said...

Kalo narutomaki belinya dmana mas???

Post a Comment